10 April 2007

Orang katro vs orang kotra 2 - Kawin

Topik utama yang jadi bahasan antara gw sama temen2 gw di sana (desa) adalah kawin/nikah (tulisan ini menggunakan analogi bahwa kawin=nikah). Beberapa dari kami udah kawin. Terutama yang cewe. Kejar deadline kali.

Kawin? Beberapa orang yg gw temuin di jkt, berpikir 2kali untuk memutuskan kawin. Klo udah ngerasa mapan. karir, materi, dll. Kalo udah kawin udah ga bisa/ga sempet mikirin beberapa hal tadi. Ada juga yg bilang, manfaatin masa muda dulu, mumpung blom kawin.

Di desa, rasanya semua berebut pengen buru2 kawin. Pas pertama gw ketemu nenek gw pun ditanya, “kapan kawin?” pengen juga sih dijawab mei (niru salah satu iklan rokok di tipi – meiby yes, meiby no). Terakhir gw liat, bahkan tetangga gw yang barusan kawin itupun ga jelas pendidikannya apa, kerjaannya apa. Tapi ya, emang udah niat mo kawin, ya kawin aja. Kalo kata orang2 tua, “Namanya rejeki mah ga bakal lari kemana”. Gitu ya?
Beberapa (orang yg pengen cepet kawin) dari yang gw kenal emang orangtuanya cukup materi. Jadi udah jelas lah, musti ngutang kemana kalo2 ntar butuh sesuatu :P

Tapi ternyata, ini gak cuman permasalahan desa vs kota.

0 comments: