03 November 2007

Review 3G & 3.5G

Sebenernya era 3G udah sejak lama muncul, dari beberapa bulan yang lalu. Cuman seperti yg disebutin di postingan sebelumnya klo gw baru menikmati bagaimana itu 3G, maka marilah gw membuat review.

// Sebelum membaca lebih jauh, hendaknya memahami beberapa istilah yang sering digunakan, berikut:

Time based: Penggunaan internet dihitung berdasarkan waktu kita online atau terkoneksi internet.

Volume based: Penggunaan internet dihitung berdasarkan quota/berapa banyak file dengan satuan Megabyte yang kita download atau upload.

Paket bundling: Paket dimana bisa mendapatkan modem 3G gratis hanya dengan kontrak menggunakan ISP tersebut selama jangka waktu tertentu (biasanya 18 bulan). Modem yg didapat dari paket bundling biasanya di lock (kunci), dan hanya dapat digunakan oleh ISP penyedia bundling tersebut.

Gw menggunakan Huawei E220. USB modem yg imut, dengan speed maksimal 3.6 Mbps. Gw memilihnya karena koneksinya menggunakan USB ketimbang Express Card, sehingga lebih kompatibel dengan banyak komputer.

Gw mendapatkannya dari indowebstore. Sampai saat ini toko ini yang
Memberikan harga paling murah untuk Huawei E220 dibanding toko lainnya. Tapi gw masih memiliki masalah dengan toko ini. kurirnya yg tiba2 mogok karena hujan, dan akhirnya dikirimkan melalui FedEx membuat gw harus menunggu satu malam untuk mendapatkan barangnya. Itu berarti toko ini masih memiliki hutang kembalian buat gw sebesar 20ribu rupiah (asumsi selisih biaya kurir & FedEx).

Satu alesan lain kenapa gw membeli sendiri modem (dan tidak mengikuti paket bundling) adalah karena gw bakal menggunakan banyak ISP dan berbagai macam model pembayaran (volume & time based). Jadi gw sangat ga menyarankan untuk membeli paket bundling dari ISP manapun.

Lokasi pengetesan adalah daerah Jakarta selatan, pondok indah (rumah & kantor) dan daerah jalan wijaya.

Saat ini di pasar terdapat beberapa provider internet (atau sering disebut ISP). Dan dalam bahasan kali ini, secara spesifik ke mobile internet. Secara spesifik juga, bahasan kita kali ini adalah mengenai paket internet murah.


#XL 3G
http://www.xl.co.id/XL_3G/
Sampai saat ini gw blom mencoba koneksi 3G dari xl. Mungkin suatu saat (klo gw udah mencoba, tulisan ini bakal di update).

Yang jelas, gw kecewa dengan koneksi gprs xl yang selama ini gw pakai dengan menggunakan koneksi Bluetooth dan hp nokia 3230.
Lelet dan mahal. (Sampai saat ini gw belum pernah dan tidak tertarik untuk mencoba fitur xl corporate dimana bisa mendapatkan unlimited internet gprs hanya dengan 300-350ribu perbulan.) Anyway.. kita bahas 3G aja sekarang.

Xl 3G… paketnya mahal. Jadi ga tertarik buat mencoba. Rp 275rb/bulan untuk quota 1Giga. Paket 99rb/bulan untuk quota 250MB juga teralu sedikit.

btw (nanya), ga punya 3.5G yah?

Ga tertarik paket bundling modem xl
Ga bisa kasih review jaringan 3G xl karena blom nyoba.

Nilai: * (1 bintang)


#Telkomsel Flash
http://www.telkomsel.com/web/telkomselflash
Promonya cukup menarik. Paket promonya hanya Rp 160/menit seharga dial up menggunakan telkomnet instant. Tentu aja dengan speed 3G (dibaca: jauh lebih kenceng dari telkomnet instant). Harga asli Rp 350/menit.. Semoga promo ini gak cepet berakhir..

Speed mengecewakan. Rata2 gw dapet hanya 300-400 kbps. Paket 3.5G dengan kecepatan 3.2Mbps ternyata hanya berjalan setara kecepatan 3G.

Sayangnya, telkomsel gak memiliki paket volume based yang sangat bermanfaat buat orang2 yang suka chatting lama2 kayak gw.

Sinyal.. gak bermasalah.
Ga tertarik paket bundling modem telkomsel flash

Pikir2 dulu deh buat pake telkomsel flash

Nilai: *** (3 bintang)


#indosat mega media (im2)
http://www.indosatm2.com/
Paling kedengeran gencar melakukan promo 3.5G nya. (minimal itulah yg kedengeran di telinga gw).

Sedikit catatan, ada sebuah billboard iklan 3.5G dari im2 yang dipasang di perempatan lebak bulus – carefour. Ternyata setelah beberapa meter melintasi billboard tersebut, sudah tidak mendapatkan sinyal 3.5G dan turun menjadi 3G (ato gprs yah?). Tapi hal ini ga menjadi masalah buat gw.

Review sinyal OK. Pernah dapet speed hingga 1.5 - 2.6 Mbps. Sayangnya speed ini ga stabil. Walopun ga sampe drop (mati) namun dalam jam sibuk, kecepatan bisa turun hingga 135-700 Kbps. Speed upload stabil di sekitar 300 Kbps.

Ada beberapa paket yang ditawarkan, yaitu 350rb/bulan untuk quota 1.2Giga. Ada juga paket Ekonomis, dimana cukup membayar 160rb/bulan untuk quota 500 Mb. (ini merupakan paket paling ekonomis diantara ISP yg laen). Penawaran menarik nih!!

Ga tertarik paket bundling modem im2.
Gw bakal coba paket ekonomisnya. Murah.
Setelah mengambil aplikasi, langsung bisa online dalam 24 jam (dari 1-3 hari yang dijanjikan).

Nilai: ***** (5 bintang)


# indosat (cellular)
http://3g.indosat.com
Paket nya mahal. untuk Indosat 3.5G Broadband, paket light untuk quota 1GB hanya Rp 130rb/bulan untuk 3 bulan pertama dan Rp 350rb/bln untuk bulan ke 4 dan selanjutnya masih lebih mahal daripada provider lain.

Tarif ecerannya juga mahal Rp 1/kb. yang menarik adalah paket time based-nya cukup murah, hanya Rp 100/menit, lebih murah dari telkomsel flash. Hal ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendownload file2 gede kayak episode terbaru heroes yang muncul tiap hari selasa yg bisa sampe 350-700 MB.

Terdapat perbedaan data antara website dan brosur. Di brosur disebutkan bahwa paket data matrix hanya Rp 100rb/bulan untuk quota 250MB dan Rp 200rb/bulan untuk quota 550 MB. Kesimpulannya: masih tetep lebih mahal dibandingkan yang lain.

Ga tertarik paket bundling modem indosat.
Untuk paket time-based-nya kayaknya patut dicoba untuk donlot2 file yg gede2.

Nilai: **** (4 bintang)

_____
Anyway.. sebelum memutuskan untuk memilih salah satu provider diatas, pastikan wilayah Anda telah tercover oleh jaringan 3G atau 3.5G.

pilih juga sesuai kebutuhan, apakah kebiasaan Anda cocok menggunakan Volume based atau time based.

disclaimer:
review ini adalah penilaian obyektif dan subyektif gw.
gw ga disponsori oleh provider atau toko manapun dan ga berniat untuk menjelek-jelekkan siapapun.

2 comments:

Anonymous said...

#Telkomsel Flash
Speed mengecewakan. Rata2 gw dapet hanya 300-400 kbps. Paket 3.5G dengan kecepatan 3.2Mbps ternyata hanya berjalan setara kecepatan 3G.

Sayangnya, telkomsel gak memiliki paket volume based yang sangat bermanfaat buat orang2 yang suka chatting lama2 kayak gw.

Gunakan APN "internet" untuk volume-based. Kalau tidak salah Rp. 35 per kilobyte.

wisnu P said...

Tulisan ini ditulis november 2007, dimana pada saat itu telkomsel belum mengeluarkan fitur volume based.

Anyway, thanks infonya.