10 November 2007

Secara ya.. ketika istilah itu adalah jigong..

Malem ini gw makan bareng anak2. Eh salah.. tepatnya papi & mami.
Met ultah mami.. semoga dapet kerjaan sesuai yg loe pengenin.

Sampe suatu ketika, mami ngingetin gw, klo gw kebanyakan menggunakan istilah “ketika”. Gw menggunakannya secara benar sih.. tapi mami tetep ngotot klo “ketika” tuh aneh untuk diucapkan dalam obrolan. dan meminta gw untuk menggantinya dengan istilah lain yaitu: saat, kalo, pas, sedang, dll.

Emang aneh ya? Perasaan gw normal2 ajah. Mungkin suatu saat istilah “ketika” bakal populer kayak “secara”. Dan kalo populer.. berarti gw yg memulainya yah.. (whihi.. ngaku-ngaku)

Soal mempopulerkan.. tiba2 gw inget klo gw pernah menciptakan satu istilah aneh yang kemudian populer sampe ke seluruh antero nusantara. Jadi begini ceritanya…

Pada suatu hari… (kalimat pembuka standart yg sering digunakan penutur cerita).. cerita ini bermula ketika gw kelas 5/6 SD. Saat itu, gw hobi banget menggambar. Gw bikin komik, yg kemudian gw sebarin ke temen2 sekelas buat dibaca. Komik2 gw diantaranya komik ksatria baja hitam. Gw bikin versi komiknya dari serial yang saat itu ditayangkan di rcti.

Komik yang lainnya lagi, gw bikin karakter namanya Super Citung. Citung? Nama yg sebenernya aneh. Dulu nyokap dan ade2 gw manggil gw pake sebutan ini. entah bagaimana awal mulanya, dan entah apa artinya. Karena ini tokoh komik, maka harus memiliki kekuatan super, makanya dinamakan Super Citung.

Dari sinilah cerita berawal.. salah satu karakter musuh yang gw ciptakan untuk Super Citung adalah Mr. Jigong (dibaca: mister jigong).

Sampai suatu saat, datanglah team dari pepsodent dateng ke sekolah gw (tepatnya ke kelas gw). Semua anak diperiksa giginya satu persatu. Bersih ato ngga. Klo ga salah waktu itu gw ga sikat gigi.. makanya gigi gw sekarang rusak parah..

Kita dapet pengarahan mengenai bagaimana menyikat gigi yang benar dan bagaimana menjaga gigi. Sampe ketika suatu saat, tim pepsodent kemudian bertanya.. “Kalo ga sikat gigi, ntar di giginya ada …

Serentak temen2 gw ada yg nyeletuk.. “Mister Jigong… hahaha…

Dan si dokter-pun tertawa dan mengiyakan istilah Mister jigong sebagai sebutan untuk kotoran yang menempel di gigi.

Entah bener ato ngga, sekarang/beberapa tahun setelah itu, istilah jigong begitu populer menjadi sebutan untuk istilah kotoran gigi. Mungkinkan gw dan temen2 gw di kelas itu yang memulainya..? yang kemudian dibawa oleh team papsodent ke Jakarta dan populer hingga sekarang?

Atokah gw saat itu hanya sekilas mendengar istilah jigong dan menuangkannya ke dalam karakter jahat? Who knows..


***

Anyway.. ada berapa kata “ketika” di tulisan ini? Kirim jawaban yang benar ke nohp gw. Tersedia hadiah menarik untuk 5 pemenang yg beruntung. Jangan lupa gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur yah.. inget, menyikat giginya arah vertikal yah, bukan horizontal…

1 comments:

Anonymous said...

/Comment moved from Blog friendster/


bwahahahahaaha....

Posted by: Miss Ninz | November 16, 2007 02:25 AM