16 November 2007

¡¡ ıuı uɐƃuıʇsod ɐɔɐq uɐƃuɐɾ

Seperti yang sering gw ceritakan.. klo jam kerja di kantor tuh sebenernya agak fleksibel. Yang penting kerjaan kelar tepat waktu.

Sore itu.. gw sebenernya berencana bolos kantor.. (sebenernya emang mau ke indosat buat daftar layanan 3G siyh). Segera menuju ke ruangan boss.. dan meminta ijin dengan polosnya..

“Boss, boleh cabut bentar ga? Mo daftar 3G ke indosat niyh.. dah ada modem tapi ga bisa internetan..”

Actually.. saat itu sebenernya ada deadline yg mustinya gw kerjain. Gw memberanikan diri untuk meminta ijin bolos dengan asumsi setelah pulang dari indosat (bolos) pasti bakal gw selsaiin. Tapi gw ga yakin diijinin, apalagi layout ini mustinya buat deadlne satu jam yang lalu.

“Ya udah sana pergi.. tapi tanya ke indri, sebut saja indri, bukan nama sebenarnya, seorang AM.. layoutnya bisa dikirim agak maleman ga..?”

… … …

Dan gw akhirnya baru jadi pergi ke indosat satu hari setelah hari itu.

Singkat kata.. gw jadi inget tentang sebuah istilah… 'reverse psychology'. Menurut wikipedia,

'Reverse psychology' is the term that describes the outcome where advocacy of one course of action persuades another person to do the opposite.

Gw ga yakin saat itu boss gw sedang mempraktekkan reverse psikologi ke gw.. tapi kenyataannya itulah yang terjadi. Gw saat itu ga jadi pergi dan akhirnya melanjutkan nyelsaiin layout yang mustinya udah telat deadline itu.

Hari ini.. gw akan coba mengetest. Seperti biasa, subject percobaan kita adalah status YM. Gw menuliskan status: “JANGAN DIBUKA !!” dengan link menuju ke blog ini.

Hasilnya.. beberapa orang malah dengan sengaja membuka (mengeklik)-nya. Padahal jelas2 tertulis larangan untuk membuka. Kadang kita emang suka begitu. Senang melanggar apa yang sudah jelas2 dilarang, tapi kadang malah merasa gak enak kalo sudah dipersilakan.

Gw : Bapak mau duluan..?
Male : udah, ade duluan ajah..
Gw : Bapak aja deh yang duluan..
Male : ga pa pa deh.. saya belakangan..
Gw : Bapak duluan deh..
Male : Ade aja deh..
--dan seterusnya--

//
Kalo dipraktekkan dalam contoh kasus busway.. kira2 berhasil gak ya?

Gw : “Pak Sutiyoso, saya dukung proyek buswaynya deh!”
Sutiyoso : “Yang bener nih.. bukannya bikin macet ya?”
Gw : “Ah, nggak koq.. tujuannya kan bikin jalan lancar.
Sutiyoso : “Iya ya? Kalo bikin macet, saya batalin aja deh..”
Gw : “Lanjutin aja gpp koq..”
Sutiyoso : “Ngga deh.. dibatalin ajah.. saya jadi gak enak..”
Gw : “ … “

0 comments: