02 December 2007

Tips Trik Membeli Laptop Second

Ketika mobilitas sudah menjadi kebutuhan tetapi biaya menjadi halangan, laptop second mungkin bisa menjadi pilihan. Bedakan antara refurbished atau second hand. Barang bekas pajangan bisa juga dilirik untuk menyiasati harga.

Pertimbangkan juga apakah perlu mencari laptop dengan processor keluaran terbaru, atau cukup mencari yang sesuai dengan budget yg tersedia.

Satu hal yang penting adalah teliti sebelum membeli. Hal2 apa sajakah yang harus diperiksa?


0. Cari tahu terlebih dahulu mengenai spesifikasi teknis (baru) dari laptop yang diminati. Bisa mengecek melalui website resmi dari laptop tersebut, atau bisa juga mengecek di google. Beberapa catatan atau penilaian apakah laptop tersebut layak untuk dibeli atau tidak mungkin bisa kita dapatkan. Jangan lupa untuk mencari tahu kapan laptop tersebut dikeluarkan.

1. Periksa kondisi fisik barang.

Periksa apakah ada lecet, penyok, baret2 sekecil/sehalus apapun. mungkin hal2 ini bisa menjadi pertimbangan untuk menawar harga.

2. Cek hardware.

Periksa semua perangkat keras yang tersedia di laptop tersebut, apakah berjalan dengan normal ataukah ada gangguan. LCD, keyboard, DVD/CD Drive (ngebaca dan nge-burn), Airport/wifi, Bluetooth®, Suara/speaker, Modem, semua port yang tersedia (usb, Vga/Dvi, express card.

/Untuk mengecek LCD bisa memakai LCDtest

3. Periksa baterai.

Baterai mungkin termasuk dalam hardware, tapi merupakan satu bagian penting dari laptop (makanya dimasukkan dalam satu nomer sendiri). Ketahanan batere tiap2 laptop berbeda2.. sempatkanlah untuk browsing di google untuk mengecek daya tahan baterai standart dari laptop yg diminati.

/Khusus untuk Mac, untuk mengecek baterai bisa menggunakan coconutBattery atau iStatPro

4. Kelengkapan tambahan.

Perhatikan juga apakah ada kelengkapan2 lainnya. Seperti kardus/box, kelengkapan CD, kabel2, sticker, dll.

Pemeriksaan software bisa saja menjadi hal yang dikesampingkan karena bukan merupakan satu kesatuan dari laptop. Tapi jika dilengkapi dengan bbrp software tambahan mungkin bisa mejadi nilai plus dari laptop tersebut.

Anyway
.. selamat berburu laptop second..

3 comments:

wisnu P said...

This post is dedicated to Muna.
Have fun with your new laptop//

Anonymous said...

Tengkyu, inoe..
Beruntung sekali diriku, punya teman sebaik dikau..xixixixi!
Btw, belom sempat beli laptop nihh..
ntar nunggu waktu yang agak longgar kali ya..

Anonymous said...

makasih banget, postingnya bener2 valueable. gw jd lebih pd mo beli laptop bekas.

pagebluk.blogspot.com