02 July 2007

Rush Hour 3,5: Orang iklan Katakan Cinta

Menyatakan cinta. Atau lebih popular disebut nembak. Dulu sempet ada reality shownya di rcti, katakan cinta. Bermacam hal dilakukan. Mulai dari ngomong langsung, pake surat, atau bahkan sampai melakukan hal2 gila. Intinya sih biar calon pasangan kita terkesima. Dan mau menerima cinta kita.

Berhubung dunia gw advertising, kita coba cari tau gimana kalo orang iklan nembak calon pasangannya.

***
Awalnya WAJIB udah ditentuin targetnya. Ga harus sesama orang iklan juga koq. Malah kalo bisa yang bukan orang iklan, biar orangnya ga sibuk2 banget. Trus, pdkt dulu bbrp minggu. Ngajak nonton, makan es-krim, jalan2, hang out, makan malem. Klo dirasa udah cukup, mungkin bisa berlanjut ke sesi penembakan.

Biar kampanyenya komplit, diawali dengan teaser atau hint-hint. Misalnya dengan menempel poster bertuliskan

I LOVE YOU.
DARI
PENGAGUMMU.

Satu tempat yang dianggap paling efektif untuk memasang poster adalah SEPANJANG dari kosan menuju tempat kerja doi. Jangan lupa, masang posternya malem2 biar … biar apa ya? Biar jarang2 ada yg ngliat. Kalo perlu, bisa juga dengan membeli rangkaian bunga yang gede itu (yg biasanya kotak gede, ada tulisannya selamat dan sukses), trus dikirim ke kantornya. Agak norak sih, tapi keren.. hueueue…

Kemudian, tentukan waktu dan tempat penembakan. Kalo punya dana lebih, bisa nyewa billboard di jalan protokol. Kemudian ajak si target ke billboard itu.

Kalo anak ATL, bisa juga bikin TVC. Kalo kemahalan nyewa spot iklannya, bisa juga diputer di bioskop, atau kalo mo ngirit, di tempat makan yang ada proyektornya. Tentu aja sebelumnya pake shooting. Pake handycam biasa cukup lah. Trus di-edit edit deh pake final cut pro. Sebagai alternatif, bisa juga shootingnya berupa film pendek.
Trus, kalo perlu, bikin juga kopiannya buat dikasih ke target. Lengkap dengan kotak DVD dengan design alakadarnya (mirip kayak poster/cover film).

Ngg…
Berhubung orang iklan tuh terkenal sibuk, kadang mereka ga sempet melakukan semua hal tadi. Bisa juga nge-hire orang buat ngelakuin semuanya. Tapi pastinya ga seru. Apalagi kalo si target tau kalo kita ga bikin sendiri semua hal tadi.

Nah. Kebetulan si orang iklan ini copywriter (dibaca: kopiraiter). Yang tadinya mo bikin film, dang a sempet bikin filmnya, ngasihnya draft skenarionya ajah. Ngasih scenario berupa print-print-nan kertas, dan di steples. Agak ga unik. Biar lebih keren, mungkin bisa dibikin buku. Di jilid di subur atau snappy bisa kali ya.. dibikin mirip kayak cicklit gitu.

tapi satu hal yang biasanya lama, bikin ceritanya itu. Kadang bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Berhubung orang iklan tuh supersibuk.. bisa2 ga kelar2 tuh ceritanya.

Bisa-bisa keburu disamber orang si target kita…
***

suara radio polisi
“Gw plng bsk mlm.”

ps: mungkin laen kali di postingan laen kita bisa share contoh draft scenario yang tak pernah terselsaikan itu...

0 comments: